Resensi : Surat Kecil Untuk Tuhan ( perjuangan seorang Keke )



Perjuangan Seorang Gadis Melawan Kanker Ganas


Judul Buku  : Surat Kecil Untuk Tuhan
Penulis        : Agnes Davonar
Cetakan      : 13, Maret 2011
Tebal          : x + 228 halaman
Penerbit      : Penebar Swadaya         

Surat Kecil Untuk Tuhan ( SKUT ) merupakan novel adaptasi dari kisah nyata karya agnes davonar . Ia adalah seorang penulis yang awal karirnya berawal dari tulisan tulisan di sebuah akun Blog, dengan melahirkan banyak cerita online yang begitu dekat dengan kehidupan pembacanya.Pemilik situs www.agnesdavonar.net ini telah di kenal sebagai penulis novel best seller yang telah melahirkan 6 novel fisik dan 2 biografi.
                                
Tuhan …………..
Andai aku bisa kembali
Aku tak ingin ada tangisan di dunia ini
Tuhan …………
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku
Terjadi pada orang lain
Tuhan ……………
Bolehkah aku menulis Surat Kecil Untuk-Mu?
Tuhan …………….
Bolehkah aku memohon satu hal kecil pada-Mu?
Tuhan ………………
Biakanlah aku bisa dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya.
        Bait bait tulisan diatas merupakan sebagian tulisan surat dari Gita Sesa Wanda Cantika , atau yang lebih di kenal sebagai keke. Keke merupakan seorang gadis yang terserang penyakit  Rabdosmiosarkoma atau kanker jaringan lunak pertama di Indonesia . Ia adalah gadis berusia 13 tahun yang cantik, pintar dan mempunyai berbagai prestasi yang ia miliki.
           Kanker jaringan lunak ini menggerogoti bagian wajahnya yang cantik dan menjadikan wajahnya berubah seperti monster.Bahkan diagnosa dokter pun mengatakan kalau hidupnya tidak akan lama hanya tinggal beberapa bulan saja . Walau dengan keadaan sakit yang begitu menyakitkan dan keadaan wajah yang seperti monster keke mencoba terus berjuang dalam menghadapi kehidupannya tetap bersekolah seperti layaknya gadis normal.
          Perjuangan keke dalam melawan kanker tidaklah sendirian, Ia selalu didampingi oleh para sahabatnya, Ayahnya , keluarga maupun kekasihnya andy .Mereka selalu berada dekat dengan keke tempat berkeluh kesah maupun berbagi canda tawa. Bagi keke merekalah yang membuat keke dapat bertahan dalam menghadapi segala cobaan yang ia rasakan. Tak mau menyerah , Ayah keke yaitu Joddy terus berjuang agar keke dapat lepas dari vonis kematian. Keberhasilan Dokter Indonesia dalam menyembuhkan kasus kanker pertama kali terjadi di Indonesia ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakn , nanun di sisi lain membuat semua Dokter di dunia berdecak kagum dan bertanya tanya.
          Tapi seketika kebahagian itu sirna , kerhasilan itu tidak lama seusai pesta liburan sekolah selesai. Kanker itu muncul lagi . Keke sadar nafasnya di dunia makin sempit. Lalu, Apa yang selajutnya terjadi pada keke ? Bagaimana perjungan keke untuk kembali bersekolah ? Bisakah keke bertahan ?
         Surat kecil untuk tuhan merupakan novel best seller, di negerinya sendiri novel ini sudah mencapai cetakan buku ke 13 , dalam waktu kurun dua tahun . Tidak hanya di negeri sendiri (SKUT ) juga terjual lebih dari 30.000 exslempar dalam waktu kurun 2 bulan di Taiwan. SKUT merupakan sebuah cerminan untuk menydarkan bahwa segala cobaan yang di berikan Tuhan adalah sebuah keharusan yang harus dijalani dengan rasa syukur dan keimanan. novel ini mengajarkan tentang motivasi hidup walau berbagai cobaan datang.
          Novel yang di kemas dengan penuturan gaya bahasa yang sederhana,menarik, sehingga mudah memahai dan bermakna mendalam.Penulisan atau penuturan cerita seolah tokoh utama bercerita tentang kehidupanya ini , membuat pembaca seakan akan apa yang dirasakan oleh tokoh dalam novel tersebut. walaupun novel SKUT bertemakan tentang perjuangan melawan penyakit sering menjadi ide novel novel kebanyakan novel lainnya. namu dalam novel ini mempunyai unsur intrisik yang menarik dan problamatika yang sederhana namun menguras air mata dan emosi para pembacanya.Di sisi lain kurangnya pendalaman karekter tokoh tokoh pembatu dalam novel ini seperti tokoh para sahabat keke. kakak kakaknya keke membuat rasa dari tokoh tersebut kurang tajam.dan berkesan. Namun hal itu tak merusak alur ceria dalam novel tersebut dan tak mengurangi esensi dari kebagusan novel tersebut. 
       Membaca novel ini sma saja kita masuk kedalam dunia dari keke dan dapat merasakan apa yang di alaminya. Adanya novel ini sangat cocok di baca oleh semua kalangan baik remaja maupan dewasa, karena dalam novel ini mengupas tentang hubungan ayah dan putrinya yang begitu dekat , arti persahabatan maupun perjuangan arti kehidupan. Novel ini sangat menarik , maa cobalah untuk membacanya

0 komentar: