Earth Hour Purwokerto Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan





Purwokerto – Dalam menyambut Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Febuari. Sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas Earth Hour Purwokerto melakukan aksi gerakan pungut sampah di sungai yang bertajuk “Mujair” mungut junk di air pada minggu (18/02/2018), mulai pukul 06:00 WIB di wilayah sungai kranji Purwokerto.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 30 pemuda ini dilakukan di sepanjang aliran Sungai Kranji. Dimana area penyusuran pemungutan samapah bermula di aliran di daerah Sokanegara, Purwokerto Timur hingga aliran di daerah Taman Edukasi Sumber Daya Air Sungai Kranji Purwokerto. Kegiatam yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini, mendapat respon yang baik dari masyarakat yang tinggal sekitar aliran sungai dimana banyak masyarakat yang ikut bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Aksi pungut sampah ini merupakan salah satu kegiatan dari Earth Hour Purwokerto, dimana mengajak masyarakat untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungannya yang tak terkecuali masalah sampah. Dimana membiasakan untuk masyarakat tidak terbiasa untuk membuang sampahnya di aliran sungai,” ujar Rahma selaku Ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Masyarakat sekitar yang mengikuti kegiatan, Bagus mengatakan, Adanya kegitan ini merupakan kegitan yang positif dan baik. Dimana para pemuda peka dan sadar akan salah satu masalah yang dekat di lingkungan masyarakat. Yang mana Sungai Kranji saat ini masih dinilai kurang bersih, masih banyak ditemukan berbagai macam jenis sampah di sepanjang aliran sungai.


Adapun kegiatan “Mujair” mungut junk di air ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan komunitas Earth Hour Purwokerto selain dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional juga menyambut puncak Earth Day 2018 yang dilaksanakan pada bulan Maret 2018. 

0 komentar: